5 Persiapan Sebelum Melakukan Stock Opname Apotek

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dalam mengelola persediaan barang yang ada di gudang guna mengetahui total barang yang sebenarnya. Pasalnya, pada masa pencatatan barang yang masuk dan keluar, kemungkinan ada kesalahan penghitungan hingga risiko tindakan kecurangan. Stock opname menjadi kunci untuk mengetahui selisih barang yang sebenarnya masih ada dan kebenaran pencatatan di buku persediaan barang. Anda yang tidak ingin ribet dengan stock opname manual, pakai saja aplikasi software apotek yang lebih cepat dewasa ini.

Beberapa Hal Sebelum Melakukan Stock Opname

Stock opname membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang sebab Anda bisa saja melakukan tutup toko selama proses penghitungan barang yang tersedia sebenarnya. Kondisi ini jelas bisa membuat Anda merugi selama kurun penutupan apotek tersebut. Agar Anda bisa melakukan stock opname lebih cepat, sebaiknya pertimbangkan mengenai persiapan penting sebelum melakukan stock opname apotek berikut :

1. Membuat jadwal melakukan stock opname

Buat jadwal kapan Anda harus melakukan stock opname guna mengetahui persediaan barang yang ada di apotek, termasuk gudang. Setiap apotek jelas memiliki kebijakan terkait kapan harus melakukan stock opname, termasuk bisnis apotek yang Anda miliki. Jika melakukan stock opname empat bulan atau setengah tahun sekali pun, sah-sah saja. Namun, usahakan untuk melakukan stock opname dengan durasi yang tidak terlalu lama agar Anda bisa mengetahui jumlah barang yang sebenarnya atau audit.

2. Mempersiapkan alat pendukung stock opname

Siapkan beberapa peralatan yang mendukung kegiatan stock opname berupa daftar barang yang hendak dilakukan pengecekan, buku catatan stok barang, stiker barcode, tag, dan lain-lain.

3. Membuat denah dan persiapan barang gudang

Denah gudang yang berisi informasi mengenai rak penyimpanan obat tertentu, peralatan medis dan lain-lain bisa membantu kemudahan Anda dalam melakukan pengecekan persediaan. Jangan lupa untuk menyuruh staf di bagian gudang memberikan data yang Anda minta, termasuk penyusunan kerapian stok barang guna memudahkan proses pemeriksaan.

4. Memiliki pegawai khusus stock opname

Anda harus punya pegawai khusus melakukan stock opname manual bila ingin proses penghitungan berjalan lebih cepat. Pasalnya, tim audit akan melakukan pengecekan lebih cepat dan akurat sebab mereka punya kemampuan menghitung, ketelitian dan kecakapan lain. Satu tim harus terdiri dari dua orang yang bertugas melakukan penghitungan sedangkan pihak lain melakukan pencatatan.

5. Menentukan barang yang harus masuk pencatatan dan penghitungan

Anda harus menentukan jenis barang yang masuk dalam pencatatan dan penghitungan lebih dulu. Hal ini bisa membantu Anda lebih mudah melakukan penghitungan secara manual bila ada jenis barang yang masuk kategori prioritas stock opname.

Persiapan melakukan stock opname jauh hari akan membuat Anda bisa bekerja lebih cepat dan efisien. Bila Anda ingin melakukan stock opname tanpa harus menutup pergerakan barang masuk dan keluar, tidak ada salahnya mempertimbangkan software apotek sekarang juga.

Pentingnya Menggunakan Fitur Stock Opname di Software Apotek Mobile

Bila Anda bingung hendak melakukan stock opname tanpa ingin menutup toko obat, maka cobalah untuk beralih pada softwareapotek.net yang memiliki aplikasi software apotek mobile. Dengan kemudahan digitalisasi, Anda bisa mengecek stok barang yang ada tanpa harus tutup apotek. Tinggal gunakan fitur stock opname yang ada di aplikasi mobile, maka Anda bisa mengecek persediaan barang atau obat lebih cepat.

Kelebihan fitur stock opname di Vmedis bisa membuat Anda lebih mudah dan cepat mengecek persediaan dari mana dan kapan saja. Lebih fleksibel sekali bagi pemilik usaha yang mobile, lho! Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan barang yang masih ada setiap hari tanpa harus melakukan pencatatan dan penghitungan manual. Fitur ini membuat Anda bisa membeli produk atau obat yang memiliki angka penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis obat lain. Nah, apakah Anda tidak tertarik memakai software apotek yang inovatif ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *