Apa Peran ASI Untuk Bayi Baru Lahir?

Peran ASI untuk bayi adalah sumber nutrisi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh bayi. Berbagai penelitian tentang ASI telah dilakukan dan membuktikan bahwa ASI mengandung berbagai vitamin, protein, lemak dan nutrisi yang diperlukan balita, untuk pertumbuhan dan perkembangannya di hari-hari pertama kehidupan. 

Kandungan Nutrisi ASI untuk Bayi

  • Nutrisi Makro: karbohidrat, protein, lemak.
  • Nutrisi Mikro: vitamin yang larut dalam air (vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K), mineral, karnitin, prebiotik, probiotik, sinbiotik. 

Manfaat ASI Untuk Bayi

1. ASI memperbesar kelenjar thymus

Timus terletak di tenggorokan bayi. Fungsi utama kelenjar ini adalah membentuk sel T untuk melawan virus yang menyerang. Saat dewasa, kelenjar ini akan terus menyusut karena sistem kekebalan tubuh yang melemah. 

Peran ASI untuk bayi dapat merangsang kelenjar timus untuk memproduksi sel T selama tahun-tahun pertama kehidupan anak. Bayi yang diberi ASI cenderung memiliki kelenjar timus yang lebih besar daripada bayi yang diberi susu formula.

2. ASI menambah kekebalan tubuh

Kolostrum atau ASI pertama yang dikeluarkan mengandung imunoglobulin A yang membantu melindungi bayi dari kuman. Imunoglobulin A memberikan perlindungan terhadap organ bayi yang rentan terhadap infeksi kuman, seperti usus, hidung, dan tenggorokan. ASI juga mengandung sifat anti inflamasi dan anti infeksi. Dalam hal ini, ASI berperan agar fungsi pelindung ini tidak menyerang jaringan sehat bayi.

3. ASI membawa serta bakteri baik

ASI mengandung bakteri khusus yang bermanfaat bagi fungsi usus untuk mendukung proses pencernaan si kecil. Jenis bakteri lain juga membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi Anda sehingga ia tidak terlalu rentan terhadap virus dan penyakit.

4. ASI membantu meningkatkan toleransi oral bayi

ASI mengandung alergen potensial dari lingkungan ibu menyusui. Alergen ini tidak berbahaya tetapi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan bayi, terutama kemampuan untuk mentolerirnya secara oral. Toleransi oral terjadi ketika sistem kekebalan tubuh gagal merespons ketika organ mulut terkena sesuatu yang seharusnya tidak berbahaya bagi tubuh.

Peran ASI untuk bayi bisa didapatkan dengan pemberian ASI eksklusif. Dukung asupan nutrisi ibu ketika sedang menyusui dengan mengonsumsi susu Lactamil Lactasis yang memiliki semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan sehingga bisa membantu memproduksi ASI berkualitas. 

Deskripsi : peran ASI untuk bayi sangat penting terutama untuk mendukung tumbuh kembangnya dan sistem kekebalan tubuh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *