Cara Membuat Ketupat yang Pulen untuk Pemula, Ini Cara Merebus agar Matang Sempurna

Berikut ini cara membuat ketupat yang pulen, beserta cara merebus agar matang sempurna. Walau pun terlihat sulit, sebenarnya membuat ketupat itu cukup mudah. Pemula pun bisa mencoba untuk membuat ketupat sendiri di rumah.

Nantinya, ketupat bisa dijadikan menu pelengkap opor ayam saat lebaran. Simak inilah cara membuat ketupat enak dan pulen untuk pemula. 1. Beli bungkus ketupat yang sudah jadi sesuai ukuran yang dikehendaki.

Pilih yang anyamannya rapat. Kalau perlu tarik anyaman ketupat sedemikian rupa hingga betul betul rapat. Bungkus ketupat yang anyamannya kurang rapat, hasilnya tidak putih mulus, tetapi bergaris garis cokelat.

2. Untuk membuatnya lebih rapat, kerat anyaman terakhir dan selipkan daun janur di situ. 3. Pilih beras yang berkualitas dan cuci bersih bersih. Beras yang pencuciannya kurang bersih, tidak bertahan lama dan mudah bau.

4. Kalau suka ketupat yang agak keras, campurkan sedikit air kapur sirih ke dalam beras. 5. Regangkan ujung anyaman ketupat untuk memasukkan beras. Penuhi 60 75 persen bungkus ketupat dengan beras yang sudah dicuci tadi.

Banyak beras tadi tergantung pada ketupat yang hendak dihasilkan. Kalau kita ingin ketupat yang keras tentu isinya harus sampai 75 persen. Sebalikanya kalau ingin lembek, penuhi sampai 60 persen saja.

6. Sediakan panci besar dan rebus air di dalamnya. Masukkan ketupat saat air sudah mendidih. Semua ketupat harus terendam, tidak boleh ada bagian yang menyembul di atas air.

Bagian yang tidak terkena air ini akan lembek dan hancur. 7. Ketupat harus direbus dalam waktu yang lama, sekitar 3 5 jam. Makin lama makin bagus hasilnya.

Ketupat yang direbus sebentar saja, akan terlihat butir butiran nasinya. 8. Selama direbus, panci dalam keadaan ditutup. Sekali sekali buka tutup panci untuk melihat airnya.

Kalau sudah mulai berkurang, tambahkan air panas, bukan air dingin. 9. Setelah matang, angkat ketupat dan gantung hingga tiris betul. 10. Ketika akan dipanaskan, ketupat tidak direbus, tetapi cukup dikukus selama 15 20 menit.

11. Ketupat biasanya disajikan sudah dalam bentuk terpotong potong. Gunakan pisau yang tajam dan potong ketupat jika sudah agak dingin supaya lebih mudah. Tutup ketupat yang sudah dipotong dengan plastic wrapped atau tempatkan dalam wadah tertutup hingga tidak kering.

Selamat mencoba! Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *