Menhub Ajak Pekerja Gunakan Sepeda Sebagai Alat Transportasi: Gaul Gitu Ya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak pekerja untuk mulai menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. "Untuk yang rumahnya di Bekasi jaraknya sampai 50 kilometer bisa gunakan sepeda lipat, kita ada berbagai angkutan massal," ucap Budi Karya dalam Pekan Sepeda Nasional 2020 di Jakarta, Sabtu (17/10/2020). Sedangkan untuk pekerja yang jarak ke kantornya hanya 10 kilometer tidak perlu naik moda transportasi.

"Naik sepeda selain manfaatnya bagus, tapi juga bagus untuk gaya hidup, gaul gitu ya. Nggak perlu keluar uang lagi, beli Rp 2 3 juta sudah berhemat seterusnya," tuturnya. Menurutnya, momentum Covid 19 ini dapat mengubah kebiasaan masyarakat bersepada tak hanya sekadar untuk hobi atau komunitas tapi juga aktivitas ekonomi. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan sepeda saat ini sudah dilindungi oleh undang undang untuk melindungi penggunanya dari aspek keselamatan.

"Melalui Pekan Nasional Keselamatan Jalan sekaligus mensosialisasikan PM 59/2020 tentang keselamatan pesepeda di jalan," urainya. Dia juga menekankan agar PM 59/2020 bisa diimplementasikan hingga ke daerah tingkat kota dan kabupaten. Melalui PM 59 Tahun 2020 ini, lanjut Budi, sangat diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk berkegiatan sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *