Nutrisi Otak Bayi Apa Saja? Berikut ini Daftarnya

Saat bayi sudah mulai mengonsumsi makanan pendukung ASI (Air Susu Ibu), ada baiknya Anda memberikan makanan yang bisa menutrisi otak si kecil. Sebab nutrisi ini sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang dan juga kesehatan mental anak. Lantas nutrisi otak bayi apa saja? Berikut ini daftarnya.

1. Protein

Protein mempunyai peranan sangat penting untuk perkembangan bayi. Pasalnya, nutrisi yang satu ini akan mengarahkan sel saraf dan memindahkannya ke tempat yang tepat di otak. Dengan begitu, si kecil akan bisa berpikir lebih cepat. Selain itu, protein juga akan mengoptimalkan perkembangan panca indera anak. Sumber protein terbaik seperti daging, ikan, kacang-kacangan dan telur.

2. DHA atau Omega 3

Selanjutnya ada Docosahexaenoic Acid (DHA) yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. DHA adalah asam lemak tak jenuh golongan Omega 3 yang banyak terdapat pada retina dan otak. Oleh karena itu, DHA merupakan nutrisi otak yang sangat penting untuk fungsi otak dan penglihatan.

Selain itu, juga akan meningkatkan perkembangan psikomotorik dan perkembangan mental anak. ASI merupakan sumber DHA terbaik yang mudah untuk ditemukan. Selain itu, Anda juga bisa memenuhi asupan DHA dari ikan sarden dan juga kacang-kacangan.

3. Kolin

Kolin sangat berguna untuk pembentukan tulang belakang dan perkembangan sel-sel otak, bahkan saat anak berada di dalam kandungan. Berdasarkan sebuah penelitian, kolin terbukti bisa meningkatkan fungsi kognitif si kecil.

Oleh sebab itu, Anda harus memenuhi asupan kolin untuk si kecil sejak dalam kandungan dan menyusui. Adapun sumber makanan yang mengandung kolin antara lain: kacang kedelai, susu dan juga telur.

4. Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk produksi hemoglobin, yang mempunyai peranan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika si kecil kekurangan zat besi, hal ini akan membuat pertumbuhan syaraf otak anak menjadi kurang optimal.

Di mana hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan motorik dan mental, serta daya ingat, kemampuan belajar dan konsentrasi anak. Adapun makanan yang kaya akan zat besi antara lain ikan, daging ayam, daging sapi, bayam, kacang-kacangan dan juga sereal khusus.

Demikianlah empat nutrisi yang dibutuhkan anak untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak yang perlu Anda berikan sejak dini. Dengan mengetahui keempat daftar di atas, Anda tidak akan kebingungan lagi jika mendapat pertanyaan soal nutrisi otak bayi apa saja?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *