Tujuan Utama Perusahaan Melakukan IPO

IPO atau Initial Public Offering adalah suatu proses yang akan dilakukan sebuah perusahaan  private yang   berniat untuk menjual kepada  masyarakat umum  untuk  pertama kalinya. Keuntungan melakukan IPO bagi  perusahaan adalah adanya tambahan  modal untuk mengembangkan   usahanya. Sementara  bagi masyarakat, IPO  berarti membuka kesempatan berinvestasi  pada perusahaan-perusahaan yang dianggap  baik.

Tujuan Utama IPO

Setiap  langkah ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan tentu saja akan mempunyai tujuan yang sudah diperhitungkan. Tujuan-tujuan tersebut antara lain adalah  :

Tambahan Modal

Dengan  penjualan  aset perusahaan  berupa saham, tentu saja perusahaan akan mendapatkan  tambahan modal dari masyarakat yang  jumlahnya dapat diperkirakan. Tambahan  modal tersebut dapat digunakan terutama untuk mengembangkan dan memperluas usahanya.

Nilai Perusahaan

Jika harga saham suatu perusahaan menunjukkan tren meningkat, maka nilai saham yang dimiliki oleh investor tentu saja akan meningkat. Hal ini akan membuat perusahaan tersebut mempunyai  nilai yang  lebih dan kemungkinan besar  prospektusnya pun lebih baik,

Berkembang

Dengan mendapatkan tambahan modal yang besar dari masyarakat,maka perusahaan akan dapat memprediksikan sampai sejauh mana penambahan modal tersebut dapat  digunakan untuk mengembangkan  usaha. Pengembangan   modal dapat dilakukan secara diversifikasi atau intensifikasi,   bergantung dengan visi dan misi perusahaan tersebut.

Dengan berkembangnya perusahaan yang melakukan IPO, tentu saja ini akan membawa keuntungan tersendiri bagi investor, di mana dana yang mereka tanamkan  akan bertambah nilainya. Masyarakat secara tidak langsung  juga akan mendapatkan   keuntungan yaitu terbukanya lapangan kerja. Sehingga  tingkat pengangguran pun akan mengalami penurunan.

Tahapan IPO

Tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh perusahaan jika akan melakukan IPO

Persiapan

Pada masa ini perusahaan akan membentuk tim  khusus yang  akan mengawasi jalannya IPO. Pada masa persiapan in akan dilakukan RUPS bersama pemegang saham.

Pengajuan

Pada tahapan ini, perusahaan akan mengajukan dokumen-dokumen yang  harus diserahkan sebagai persyaratan  pada OJK untuk  diperiksa dan diberikan evaluasi. Jika Seluruh persyaratan sudah disetujui, maka OJK akan mengeluarkan persetujuan IPO.

Penawaran

Pada tahapan  ini perusahaan sudah diperbolehkan untuk menawarkan sahamnya  untuk pertama kali di lantai bursa, yang dikenal sebagai proses IPO.

Pencatatan

Setelah proses IPO  selesai, saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut akan resmi tercatat pada  Bursa efek dan  dapat diperdagangkan secara resmi.

 

Nah, dengan  penjelasan tentang IPO ini, siapkah Anda berinvestasi pada instrumen investasi yang cocok dengan anda. Cryptocurrency, misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *