Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Obligasi Ritel Indonesia!

 

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-buku-catatan-pena-4386322/

Obligasi ritel Indonesia adalah instrumen investasi yang paling sering digunakan oleh investor. Namun, sebelum itu, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Bagi sebagian besar orang, melakukan investasi menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menjaga finansial di masa tua. Tentunya dalam memilih instrumen investasi juga perlu dipertimbangkan agar uang yang kamu investasikan bisa menghasilkan keuntungan.

Nah, buat kamu yang ingin mencari instrumen investasi jangka panjang yang menguntungkan dengan resiko yang rendah. Obligasi ritel Indonesia bisa menjadi pilihan yang paling bagus. Namun, sebelum melakukannya, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari instrumen investasi yang satu ini.

Kelebihan Investasi Obligasi

Berikut ini beberapa kelebihan dari investasi obligasi yang perlu kamu ketahui:

1. Investasi yang Aman

Tak dapat dipungkiri, obligasi menjadi instrumen investasi yang keamananya terjamin. Hal ini tidak lain karena obligasi sudah terjamin dalam UU No. 24 Tahun 2002. Keamanan ini hanya berlaku jika kamu membeli surat utang yang diterbitkan oleh negara.

2. Keuntungan dari Bunga atau Kupon

Saat kamu membeli surat utang, kamu akan menerima kupon atau bunga yang nilainya lebih tinggi dari bunga deposito. Tinggi bunga akan semakin besar jika kamu memilih jangka waktu yang semakin panjang. Kupon inilah yang akan menjadi pendapatan tiap periode waktu tertentu.

3. Pendapatan Terjamin

Investasi dalam bentuk surat utang sangat cocok digunakan oleh sebagai dana pensiun. Sebab pendapatan investasi obligasi bisa diprediksi dari tahun ke tahun. Selain itu, pendapatannya juga terjamin, karena adanya kontrak yang akan menjamin hak dari pemegang obligasi.

4. Keuntungan dari Selisih Harga Obligasi

Keuntungan obligasi yang berikutnya adalah adanya selisih harga jual dan harga beli jika kamu menjual surat utang di pasar sekunder.

5. Turut Membantu Negara

Satu lagi yang sangat membanggakan adalah kamu tidak hanya melakukan investasi untuk diri sendiri. Melainkan juga membantu negara. Sebagai investor, kamu akan meminjamkan uang ke negara. Hal ini hanya berlaku jika kamu membeli surat utang yang diterbitkan oleh negara.

Kekurangan Investasi Obligasi

Setelah kamu membaca mengenai kelebihan obligasi, berikut ini beberapa kekurangan obligasi yang juga harus kamu pahami.

1. Tidak Bisa Dicairkan Setiap Saat

Kekurangan utama dari obligasi adalah tidak bisa dicairkan setiap saat. Oleh sebab itu, sebelum melakukan investasi dalam bentuk surat utang, pastikan ada dana cadangan yang bisa dicairkan sewaktu-waktu jika kamu membutuhkan dana darurat.

2. Resiko Uang Tidak Kembali

Resiko terburuk dari investasi jenis ini adalah adanya kemungkinan uang tidak kembali saat jatuh tempo berakhir. Hal ini bisa disebabkan karena perusahaan penerbit obligasi mengalami permasalahan finansial. Sehingga tidak bisa membayarkan pokok utang dan kupon.

Namun, jika kamu memilih obligasi yang diterbitkan negara atau perusahaan dengan track record bagus, kemungkinan ini tidak akan terjadi.

3. Risiko Tingkat Bunga

Risiko tingkat bunga obligasi lebih tinggi dari saham. Sebab, suku bunganya dipengaruhi langsung oleh nilai obligasi. Jadi, apabila kamu menjual surat utang sebelum waktu jatuh tempo berakhir, kamu akan mengalami kerugian.

4. Risiko Maturitas

Resiko yang satu ini berkaitan dengan waktu jatuh tempo. Semakin lama waktu jatuh tempo yang kamu ambil, maka tingkat resikonya akan semakin tinggi. Namun, sebagai kompensasinya, pihak penerbit surat utang akan memberikan kupon yang lebih tinggi.

Keunggulan Produk Obligasi Ritel Indonesia dari digibank by DBS

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi dalam bentuk obligasi. Dan kamu masih tertarik untuk melakukan investasi jenis ini. Produk obligasi ritel Indonesia dari DBS Indonesia bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Sebab digibank by DBS menawarkan berbagai keuntungan tambahan selain keuntungan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Adapun keunggulan produk obligasi dari DBS Indonesia sebagai berikut:

1. Layanan 24/7 via Aplikasi

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja, kamu bisa melakukan setoran tanpa harus datang ke kantor cabang.

2. Mendapatkan Imbalan Kupon Tetap

Suku bunga yang digunakan digibank by DBS adalah fixed coupon. Sehingga pendapatan bulanan yang kamu terima akan sama dari awal hingga berakhirnya jatuh tempo. Serta pendapatan akan kamu terima pada tanggal yang sama tiap bulannya.

3. Investasi Minimal Rp. 1 Juta

Jika kekhawatiranmu saat memulai investasi obligasi adalah jumlah gaji yang tidak terlalu tinggi. kamu tidak perlu khawatir. Sebab jumlah minimal setoran yang bisa kamu lakukan adalah Rp, 1 juta.

4. Investasi Minim Resiko dan Keuntungan Lebih Tinggi

Produk obligasi dari DBS Indonesia adalah instrumen investasi dengan resiko yang rendah. Selain itu, suku bunga yang tetap dan lebih tinggi dari deposito akan memberikan pendapatan bulanan yang menggiurkan.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan investasi dalam bentuk obligasi. Selain itu ada juga rekomendasi produk obligasi ritel Indonesia dari digibank by DBS yang menawarkan cash reward hingga Rp. 4,5 juga dengan minimal setoran sebesar Rp. 20 juta.

 

Sumber:

https://glints.com/id/lowongan/kelebihan-dan-kekurangan-obligasi/#.YL0B6_kzat8

https://www.bareksa.com/berita/berita-ekonomi-terkini/2019-03-06/apa-saja-keuntungan-dan-risiko-berinvestasi-di-obligasi-pemerintah

https://berkeluarga.id/2020/11/18/5-keuntungan-investasi-obligasi-di-tengah-pandemi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *